Kenali Penyebab Polip Hidung dan Cara Mencegahnya

 



Ketahui Pemicu Polip Hidung serta Langkah Menghindarinya Ada bermacam unsur yang menjadi pemicu polip hidung. Beberapa faktor ini bukan hanya dapat mengakibatkan polip hidung ada, tetapi dapat juga jadi pemicu polip hidung kumat saat telah mengecil atau dioperasi.


Pemicu polip hidung ialah infeksi di dinding hidung atau sinus. Infeksi dapat karena oleh beberapa hal, tetapi yang paling banyak ialah alergi serta infeksi. Ke-2 ini dapat mengakibatkan dinding hidung serta sinus teriritasi, lebam serta merah, sampai pada akhirnya membuat polip.


Polip tersebut adalah jaringan berupa tetes air mata yang tumbuh dari dinding hidung atau sinus. Umumnya polip yang memiliki ukuran kecil tidak memunculkan tanda-tanda. Tetapi, perkembangan polip yang besar dapat menutup aliran hidung serta mengakibatkan permasalahan pernafasan sampai raibnya indera penciuman.


Beberapa Pemicu Polip Hidung Di bawah ini ialah faktor-faktor yang menjadi pemicu polip hidung:


1. Infeksi sinus berulang-ulang Sinus yang terkena akan alami infeksi serta bengkak. Mengakibatkan, lendir dapat juga menimbun dalam sinus serta jadi parah infeksi. Situasi infeksi semacam ini, khususnya yang serta berlangsung dalam periode waktu lama, dapat dengan gampang jadi pemicu polip hidung.


2. Penyakit asma Penyakit asma satu diantara pemicu polip hidung yang umum. Riset memperlihatkan jika pasien asma condong makin rawan terserang radang hidung serta sinus yang makin kronis. Situasi berikut yang mengakibatkan polip hidung makin gampang ada di pasien asma.


Sebab Akibatnya Para Bettors Bermain Taruhan Bola 3. Rhinitis alergi Hay fever atau juga bisa disebutkan dengan rhinitis alergi ialah infeksi serta penyumbatan dibagian dalam hidung yang berasal dari reaksi alergi pada beberapa alergen, seperti serbuk sari, debu, atau bulu hewan.


Infeksi yang berasal dari alergi dapat berbentuk akut, berarti berjalan dalam saat yang lumayan lama atau sering kali berulang-ulang. Mengakibatkan, infeksi di hidung ini dapat tingkatkan efek tumbuhnya polip hidung.


4. Cystic fibrosis Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah situasi genetik yang menjadi pemicu polip hidung. Di situasi ini, lendir di aliran pernafasan yang semestinya berperan untuk pelindung serta pelembap bertambah lebih kental.


Ini tingkatkan efek infeksi serta infeksi akut di hidung atau sinus. Itu penyebabnya situasi polip hidung sering kali diketemukan di pasien cystic fibrosis.


Kecuali beberapa faktor di atas, polip hidung dapat juga berlangsung sebab masalah skema kebal badan, kurangnya vitamin D, serta sensitivitas pada obat anti-inflamasi non-steroid, seperti aspirin serta ibuprofen.


Langkah Menahan Polip Hidung Untuk menahan peluang terserang polip hidung atau menahan polip hidung ada kembali lagi, ada cara-cara yang dapat dilaksanakan, yakni:


Kontrol alergi serta asma secara baik.


Jauhi pemicu iritasi hidung atau sinus sedapat mungkin, seperti asap rokok, asap berbahan kimia, debu, dan pencemaran udara.


Bersihkan tangan dengan teratur serta lengkap membuat perlindungan diri dari infeksi virus atau bakteri yang mengakibatkan hidung meradang.


Pakai humidifier untuk melembapkan udara dalam ruang.


Pakai semprotan air garam atau pencuci hidung untuk mencuci rongga hidung serta pastikan tidak ada alergen atau iritan.


Sebab pemicu polip hidung ialah infeksi, beberapa obat untuk kurangi infeksi di hidung, seperti semprotan steroid, dapat menolong kurangi ukuran polip serta menurunkan tanda-tanda hidung terhalang.


Sama seperti yang sudah diulas di atas, polip hidung dapat muncul dari penyakit yang umum serta sebetulnya simpel. Bila Anda salah satunya yang mempunyai situasi pemicu polip hidung seperti pada atas, sebaiknya untuk teratur konsultasi sama dokter, ditambah lagi bila Anda alami masalah dalam bernapas atau mencium berbau.


Postingan populer dari blog ini

The term motorcycle has different legal definitions depending on jurisdiction

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Solari anticipates that in the future, the way we represent ourselves in the digital space